KISI-KISI SOAL BAHASA INGGRIS DAN
PEMBAHASAN 9 SMP
Read the text and answer the questions 1
and 2!
1.
Kompetensi yang diuji :
Menentukan makna CAUTION
Indikator : Di
sajikan satu teks CAUTION, siswa dapat menentukan makna tersirat yang ada pada
teks tersebut dengan cara menjawab pertanyaan.
Soal :
What is the meaning of the caution above?
A. People aren’t forbidden to
use the electric cable
B. People aren’t allowed to buy the electric wire
C. People are allowed to use the electric cable
D. People are forbidden to close the electric wire
Kunci Jawaban :
D
Pembahasan
Caution diatas untuk
memberi peringatan kepada orang agar
berhati-hati karena ada kabel listrik di tempat tersebut. Hal ini diketahui
dari kata “Caution” (hati-hati) dan “electric cabel”(kabel listrik).
Jawaban A:orang tidak dilarang menggunakan
kabel,B:orang tidak diijinkan membeli kabel, C:orang diijinkan menggunakan
kabel
2.
Kemampuan yang di uji : Menentukan informasi rinci tersurat
Indikator :
Disajikan satu teks CAUTION, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dengan cara
menjawab pertanyaan.
Soal :
Where do you usually find this caution?
A. On the roof C. at the fence
B. on the road D. underground
Kunci Jawaban : C
Pembahasan:
Caution diatas umumnya
ditemukan dekat dengan kabel sebagai pagar suatu tempat yang terdapat aliran
listrik yang bisa membahayakan orang di
sekitarnya, sedang jawaban A : di atap,
B: di jalan, dan D : di bawah tanah
Text for questions number 3-4
To : Defgan
From: Tika
3.
Kemampuan yang diuji : Menentukan informasi
rinci.
Indikator : Disajikan kalimat rumpang dari satu GREETING
CARD
bertema hari raya Dilwali, siswa dapatmenentukan informasi rinci tersurat dengan tepat.
Soal :
The word “lead” in the text nearly means ….
A. direct
B. let
C. guide
D. tell
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Kata lead yang terdapat pada kalimat “show us the way and lead us…” Yang paling tepat adalah “lead”
yang
berarti bimbinglah kami ...
a.
direct: mengarahkan
b.
let: mengijinkan
c.
guide: membimbing
d.
tell: memberitahu
4. Kemampuan
yang diuji : Menentukan tujuan
komunikatif teks.
Indikator : Disajikan
kalimat rumpang dari GREETING CARD, siswa dapat menentukan jawaban tujuan
komunikatif teks tersebut dengan tepat.
Soal :
The
purpose of the text is to ... .
A. inform someone about Diwali day
B. greet someone for Diwali day
C. invite someone to a Diwali celebration
D. remind someone about Diwali day
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Greeting card yang dikirim bertujuan untuk menyampaikan selamat merayakan
hari keagamaan. Ari
dari masing masing pernyataan dari pilihan jawaban sebagai berikut
A. Inform someone about
diwali day : menginformasikan seseorang tentang hari Diwali
B. Greet someone for
Diwali day : memberikan selamat seseorang tentang hari Diwali
C. Invite someone to a
Diwali celebration : mengundang seseorang untuk merayakan hari Diwali
D. Remind someone about
Diwali day : mengingatkan sesorang tentang hari Diwali
Text for questions number 5
To : Fitri
Hope these flowers bring the
happiness for you. The colors enrich your life, the sepals touching your heart.
They spread their fragrance to your days. And the dewdrops softens
your ways.
HAPPY BIRTHDAY......
Love
Anton
5.
Kemampuan yang diuji :
Rujukan
kata.
Indikator soal :
Disajikan satu GREETING CARD, siswa dapat menentukan rujukan kata dalam teks dengan cara melengkapi
rumpang.
Soal :
“..they spread their
fragrance to your days...” The word “their” refers to … .
A. dewdrops
B. flowers
C. colors
D. sepals
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Kata Fragrance dalam kalimat tersebut berarti
harum sehingga jelas kata tersebut merujuk pada kata bunga (flowers).
A. Dewdrops : embun C.
Colors :
warna
B.
Flowers :
bunga D. Sepals :
kelopak
biar terbaca rapi jika ingin download artikel dibawah,, silahkan download
biar terbaca rapi jika ingin download artikel dibawah,, silahkan download
0 komentar:
Posting Komentar